Home Top Ad

8 TEMPAT WISATA BANDA ACEH YANG TIDAK BOLEH DILEWATKAN



Banda Aceh adalah Ibukota yang berada di ujung paling barat Indonesia, walaupun lokasinya yang berada cukup jauh dari kota Jakarta, anda akan diberi imbalan dengan pemandangan yang menarik dan warisan yang mengagumkan.

Kota ini pernah hancur akibat Tsunamin pada tahun 2004 silam, namun kini telah dibangun kembali lebih megah sehingga hanya beberapa pengingat yang masih dapat ditemukan. 

Provinsi Aceh adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang menerapkan hukum Syariah, oleh karena itu traveler diharapkan dapat menyesuaikan dengan aturan-aturan yang berlaku mulai dari berbusana, melarang alkohol, mengindahkan waktu sholat, dan lain-lain.

Berikut ini adalah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di kota Banda Aceh:

1. Masjid Raya Baiturrahman (MRB)



Masjid raya adalah masjid utama utama di Banda Aceh yang dinabgun pada abad ke-19 oleh Sultan Iskandar Muda. Masjid inimutlah harus dikunjungi. Masjid ini dihiasi dengan kubah yang cantik dan motif Islam tradisional muslim yang sangat indah. Pada malam hari, cahayanya sangat indah dengan penerangan strategis. Baru-baru ini masjid baru saja direnovasi dengan berdirinya 12 payung elektrik, lantai werud, tempat wudhu, lokasi parkir bawah tanah, hiasan lampu dan 30 pohon kurma.

Alamat: Kp. Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh


2. Museum Tsunami

Museum Tsunami adalah salah satu tempat menarik di Aceh dan dirancang sebagai penghormatan yang kuat bagi orang-orang yang kehilangan nyawa saat Tsunami berkecamu di provinsi ini. Sekitar 170.000 orang dikatakan meninggal dan sekitar 500.000 orang kehilangan tempat tinggal. Sebagai monumen dan pengingat simbol bencana yang luar biasa ini, Museum Tsunami secara resmi dibuka pada Februari 2008, yang berfungsi sebagai pusat pendidikan serta penanggulangan darurat bencana Tsunami.

Bangunan museum mengadopsi rumah tradisional Aceh serta menyerupai kapal dengan cerobong yang menonjol. Arsitektur museum menggabungkan rumah tradisional Aceh dengan tempat berlindung melayani sebagai pusat evakuasi dari tsunami di kemudian hari. Bangunan ini dihiasi dengan pola yang menggambarkan Tari Saman tradisional, sebuah grafis deterangi kata "Allah", dan memiliki taman kota yang terbuka.

Alamat : Jl. Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh


3. PLTD Apung

Peringatan lain tentang Tsunami yang memporak-porandakan Kota Banda Aceh dapat di temukan saat berkunjung ke PLTD Apung yang merupakan kapal besar yang pernah berlayar di perairan sekitar Aceh. Saat Tsunami menghantam, kapal ini dibawa masuk kedarat dengan jarang yang cukup jauh dari laut dan telah ditinggalkan disana sebagai monumen bagi mereka yang kehilangan nyawa.

Meski Tsunami telah berlalu belasan tahun yang lalu, namun bukti kejadian luar biasa tersebut masih bisa kita saksikan di kapal PLTD Apung yang kini menjadi objek wisata sejarah.

Penasaran? PLTD Apung ini jaraknya hanya sekitar 7 menit dari pusat kota Banda Aceh atau dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 20 menit.

Alamat : Jl. Harapan, Banda Aceh


4.  Museum Negeri Aceh (Rumoh Aceh)



Museum Negeri Aceh adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan saat dingah di kota Banda Aceh. Didalamnya anda akan menemukan berbagai koleksi foto dan memorabilia seperti peralatan pertanian, tekstil, pedang dan barang antik tradisional lainnya.

Di dekan museum terdapat Rumoh Aceh (Rumah Aceh). Rumah Aceh memiliki rumah panggung yang menunjukkan kepada anda bagaimana orang bisa hidup dimasa lalu.

Alamat: Jl. Alauddin Mahmudsyah


5. Pantai Lampuuk



Menikmati terik matahari di pantai bersih putih, menikmati sunset di sore hari dan berselancar di ombak laut biru, tidak hanya bisa dinikmati di bali. Aceh punya pantai lampuuk yang memiliki semua kelebihan itu. Air lautnya sangat jernih yang berwarna biru kehijauan disertai dengan ombak yang cukup besar dan cocok untuk berselancar. Setiap hari libur misalnya hari sabtu dan minggu pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal dari berbagai daerah maupun dari manca negara.

Pantai lampuuk memiliki garis pantai sepanjang 5 kilometer. Pantai ini juga berpasir putih bersih nan lembut. Kearah daratan terdapat pepohonan pinusyang rimbun dan lebih jauh lagi terlihat deretan pegunungan yang hijau.

Alamat: Pantai Lampuuk, Banda Aceh


6. Pantai Lhoknga



Dekat dengan pantai lampuuk yang juga merupakan pantai favorit di Band Aceh, terdapat pantai Lhoknga. Tempat wisata ini berjarak sekitar 20 kilometer dari kota Banda Aceh. Disini, Anda bisa bersantai dibawah pepohonan rindang atau bermain voli pantai di pantai berpasir putih dan landai. Jika santai dan berjemur tidak cukup untuk anda, anda juga bisa mencoba surfing di laut yang iru jernih. Pantai lhoknga memiliki ombak setinggi 1,5 sampai 2 meter yang cocok untuk mereka yang menyukai adrenalin.

Alamat: Jl. Banda Aceh - Meulaboh, Pantai Lhoknga

7. Pantai Lhok Seudu (Maldives Aceh)



Satu lagi destinasi wisata yang lagi hits di kalangan kawula muda Aceh. Pantai Lhok Seudu namanya. Deretan pondok yang membingkai garis pantai membuatnya terlihat ciamik. Buat kamu pecinta fotografi, Lhok Seudu adalah jawabannya. Keindahan pantai ini layak dipamerkan di sosial media.

pernah dihantam tsunami dan membuat daratannya terpisah tak memudarkan pesona pantai yang terletak di Desa Teupin Layeu, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar. Bentang alamnya, yang mempesona siap memanjakan mata kamu.

Alamat: Alamat : Jl. b aceh - melaboh, Leupung, aceh besar

8. Puncak Geureutee


Geureute merupakan puncak gunung yang menghadap langsung ke Samudra Hindia. Puncak ini menawarkan pemandangan lautan yang begitu menakjubkan, Kaki gunung langsung berbatasan dengan lautan yang dalam. Dari sini, akan terlihat lautan biru yang indah ditambah dengan tiupan angin yang menyegarkan.

Alamat: Geureutee, Jalan Lintas Banda Aceh - Meulaboh


8 TEMPAT WISATA BANDA ACEH YANG TIDAK BOLEH DILEWATKAN 8 TEMPAT WISATA BANDA ACEH YANG TIDAK BOLEH DILEWATKAN Reviewed by I'm Founder on November 03, 2018 Rating: 5

No comments

KUMPULAN FOTO MAYA HAMDANI, GADIS ACEH PIDIE CANTIK NAN MEMPESONA

Sumber: Instagram